Telp / SMS : 081252367402 / WhatsApp : 081252367402 fendi.auto2000@gmail.com WORKS : SEN 08.00-17.00 WIB :
Trik Jaga Komponen Shockbreaker Toyota Biar Nyaman di Perjalanan

Trik Jaga Komponen Shockbreaker Toyota Biar Nyaman di Perjalanan

Perawatan kendaraan tidak sebatas hanya pada mesin dan body semata. Bagian penting yang harus selalu diperhatikan juga adalah bagian shockbreaker dan komponen kaki-kaki mobil lainnya. Semua produsen mobil di dunia juga sangat menyarankan para pemilik kendaraan untuk mengecek kondisi kaki-kaki mobil secara berkala lantaran bagian ini mendapatkan tekanan paling besar.

Karena sebagus apapun model mobilnya jika bagian shockbreaker dan komponen kaki-kakinya tidak dirawat hingga terjadi kerusakan, maka dipastikan tidak akan nyaman untuk dikendarai yang nantikan akan membahayakan keselamatan.

Berikut ini adalah penjelasan peran shockbreaker mobil Toyota kamu dan komponen penting lainnya pada kaki-kai yang harus diperhatikan!

1. Shockbreaker

Shockbreaker mobil Toyota kamu sudah pasti berfungsi untuk meredam segala guncangan pada segala kondisi jalan misalnya kontur yang tidak rata dan jalanan berlubang. Shockbreaker atau peredam kejut ada yang namanya per model ulir (per keong). Di setiap mobil dua alat ini terpasang dalam satu paket. Kendati dibuat dengan bahan baja anti karat tapi jika digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama atau terlalu sering menghantam lubang, daya redam shockbreaker dipastikan akan menurun.Cara paling mudah untuk mendeteksi kerusakan shockbreaker mobil Toyota kamu ini adalah dengan memperhatikan secara seksama apakah ada guncangan keras saat mobil melaju dijalan berlubang. Atau dengan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi di jalur lurus. Apabila terasa tidak enak dan cenderung limbung maka sudah waktunya untuk mengganti piranti shockbreaker mobil Toyota kamu.

2. Bushing Arm

Komponen ini berbentuk seperti lengan yang berisi beberapa selongsong besi dan dibalut dengan karet tebal. Fungsinya adalah sebagai titik tumpu roda dan lengan pencengkeram untuk meredam getaran yang terjadi pada sambungan antar komponen shockbreaker mobil Toyota kamu.

Biasanya yang akan mudah rusak adalah karet pembungkus selongsong besi tersebut, Nah bila ini terjadi maka kondisi mobil tidak akan nyaman untuk dikendarai. Setir terasa goyang dan suara bising “gluduk-gluduk “dari bawah saat menghantam jalan tidak rata yang membuat kamu terganggu konsentrasi menyetirnya.

Cara mudah mengetahui jika sudah terjadi kerusakan adalah dengan merasakan apakah salah satu tangan terasa lebih pegal saat memegang setir ketika mobil berjalan lurus. Atau jika mobil mudah sekali melenceng saat dikendarai ke arah kanan atau kiri maka itu tandanya bushing arm mobil kamu minta segera diperbaiki.

3. Bearing

Orang awam banyak menyebutnya dengan istilah laher. Pada dasarnya, fungsi bearing adalah menjaga agar poros ban (as roda) tidak langsung bergesekan dengan rumah (roda). Komponen ini juga didesain minim friksi, sehingga ketika roda berputar bisa terjaga stabil.

Cara mendeteksi kerusakan mobil ini adalah dengan memperhatikan putaran roda satu per satu. Dongkrak ban mobil Toyota kamu dan guncangkan lah satu per satu, jika goyah pertanda laher sudah aus. Kemudian bisa juga dengan memutar ban secara manual. Apabila terdengar ada suara “kricik-kricik” berarti bearing mengalami masalah dan segera untuk diganti dengan yang baru.

 

Stay Connected

Model Terpopuler

NEW AVANZA
6 Type
Dilihat: 1549x
NEW CALYA
4 Type
Dilihat: 1365x

Slide Model

Random Model

ALL NEW FORTUNER
8 Type
Harga Mulai :
490.537.000
All New C-HR
4 Type
Harga Mulai :
525.483.000