Telp / SMS : 081252367402 / WhatsApp : 081252367402 fendi.auto2000@gmail.com WORKS : SEN 08.00-17.00 WIB :
5 Cara Merawat Mobil Usai Mudik, Wajib Dilakukan!

5 Cara Merawat Mobil Usai Mudik, Wajib Dilakukan!

Cara Merawat Mobil Usai Mudik – Bukan cuma manusia yang bisa kelelahan akibat mudik, pastinya mobil juga. Apalagi melewati perjalanan ratusan bahkan sampai ribuan kilometer dengan kondisi jalan beragam. Ditambah lagi mobil harus membawa beban berat, kabin penuh penumpang serta barang.

Jika mobil sudah kelelahan karena perjalanan mudik, kamu wajib memberi perawatan khusus agar kondisinya kembali prima. Bagaimana caranya? Ini lima langkah merawat mobil usai mudik yang dapat kamu lakukan:

1. Cuci Kolong

Mobil yang dipakai mudik, biasanya melewati berbagai kondisi perjalanan, dari mulai panas, dingin, hujan, terik, aspal, lumpur, dan lain-lain. Kotoran sudah pasti mengendap, terutama di bagian kolong mobil.

Nah, kalau sudah begitu, tidak boleh dibiarkan. Setelah mudik, kamu harus segera merawat mobil dengan cara cuci kolong. Bakal lebih baik menggunakan mesin penyemprot air betekanan tinggi (cuci steam), kotoran pastinya langsung kabur tak bersisa.

Kenapa harus segera cuci kolong? Kotoran yang mengendap bisa menimbulkan masalah besar. Misal kotoran yang menempel di as roda, bukan tidak mungkin jadi penyebab rusaknya karet penutup pelindung sambungan as roda (boot) pada mobil penggerak roda depan. Alhasil kalau boot rusak, gemuk joint kopel terbuang dan bila dibiarkan drive shaft rusak.

Kotoran ini juga jadi sumber karat kalau dibiarkan menempel di rangka mobil, terutama bila berbentuk lumpur yang bercampur dengan air hujan dan air laut.

2. Poles Eksterior

Cara merawat mobil usai mudik selanjutnya dengan memoles eksterior. Baret-baret kecil pada bodi, pastinya tidak mungkin terhindarkan saat melakukan perjalanan mudik. Baret bisa terjadi karena banyak faktor, mulai bersinggungan dengan kendaraan lain, sampai dengan terkena lontaran kerikil di jalan.

Jika dibiarkan, baret tentu akan menggangu keindahan mobil. Efeknya akan terasa ketika kamu ingin menjual mobil, kalau ada baret, pasti harganya akan lebih murah. Bagaimana cara menghilangkan baret di bodi mobil. Kalau skalanya ringan, kamu bisa menggunakan kompon, wax, swril remover, dan stratch remover yang dioleskan ke lap kering untuk melakukannya.

3. Bersihkan Interior

Saat mudik naik mobil, makan dan minum di dalam kabin tentu tidak bisa terhindarkan. Alhasil interior jadi kotor dengan remahan makanan dan tumpahan minuman. Jangan sampai hal ini dibiarkan karena sisa-sisa makanan tersebut bisa mengundang semut serta berbagai binatang pengerat untuk masuk ke mobil kamu.

Kalau sampai terjadi seperti itu, mobil kamu dalam bahaya. Tikus misalnya bisa melubangi jok, karpet lantai, dan lain-lain. Semut pun sama bahayanya, apalagi kalau sudah sampai bersarang di dalam mobil.

Agar tidak mengalami masalah tersebut, kamu harus mencegahnya dengan membersihkan interior mobil usai mudik. Alangkah lebih baik jika membersihkannya dengan menggunakan penyedot debu (vacuum cleaner) agar menjangkau kotoran yang tersembunyi.

4. Copot Roof Rack dan Roof Box

Cara merawat mobil usai mudik selanjutnya dengan mencopot roof rack dan roof box. Mudik naik mobil, biasanya bawa barang di atap menggunakan roof rack dan roof box. Hal ini dilakukan agar barang rapih dan kabin tetap bisa menampung penumpang secara maksimal. Penting untuk diingat, kalau sudah tidak dipakai, roof rack dan roof box sebaiknya dicopot ketika mudik usai. Kenapa?

Roof rack dan roof box yang terus-terusan menempel di mobil, bakal menyebabkan masalah seperti mobil akan menjadi berat dan kurang aerodinamis. Hal ini berefek pada konsumsi bahan bakar mobil yang jadi lebih boros. Selain itu, mobil juga tidak bisa bermanuver dengan baik dalam kondisi roof rack dan roof box terpasang.

5. Servis ke Bengkel

Terakhir, cara merawat mobil usai mudik yang tidak kalah penting adalah servis ke bengkel. Meski sebelum mudik kamu sudah servis, usai mudik tidak ada salahnya servis lagi. Bagaimanapun juga mudik merupakan perjalanan berat, pasti mobil akan kelelahan usai melakoninya.

Di samping itu, melakukan servis juga mencegah timbulnya masalah-masalah mobil di kemudian hari. Montir pasti mengecek kondisi mobil secara keseluruhan baik yang kasat mata dan tidak terlihat.

Stay Connected

Model Terpopuler

NEW AVANZA
6 Type
Dilihat: 1549x
NEW CALYA
4 Type
Dilihat: 1365x

Slide Model

Random Model

NEW AVANZA
6 Type
Harga Mulai :
203.283.000